Apasih Menagemen Waktu Itu ?

By On Sunday, April 2nd, 2017 Categories : Bimbingan Konseling

Apasih Menagemen Waktu Itu ? | Menajemen waktu adalah perencanaan pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan produktivitas waktu. Mengelola waktu belajar bukan berarti kehilangan waktu untuk bersenang-senang. Bukan pula berarti tiada hari tanpa istirahat, Justru sebaliknya prinsip utama dari pengaturan waktu secara efektif adalah pembagian waktu secara efektif untuk kegiatan-kegiatan yang meliputi waktu untuk belajar, waktu untuk membantu orang tua, waktu untuk sosial, dan waktu untuk menyenangkan diri sendiri atau bersantai.

Pengaturan waktu adalah hal mendasar yang harus diprioritaskan dalam hidup kalian. Tapi banyak dari sebagian orang yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga mereka menyesal di kemudian hari. Sebenarnya jika ingin mengatur kehidupan dan mengatur jadwal dengan baik, maka kehidupan yang kalian jalani akan menyenangkan, ada keteraturan, dan tidak melelahkan.

Bila kalian dapat mengatur waktu dengan baik maka tujuan hidup tercapai, itu berarti kalian berkesempatan menjadi orang yang sukses. Sebab orang yang sukses adalah orang yang berhasil mencapai tujuan hidup positif yang dikehendakinya.

Di sekitar kita, ada empat macam orang yaitu :

  • orang yang tidak tahu tujuan hidupnya,
  • orang yang tahu tujuan hidupnya tapi tak tahu bagaimana cara mencapainya,
  • orang yang tahu tujuan hidupnya dan tahu bagaimana cara mencapainya,
  • serta orang yang tahu tujuan hidup yang benar dan tahu bagaimana cara mencapainya.

Dengan mengenali empat macam orang, kalian bisa membedakan dan mempelajarinya, juga berusaha untuk bisa mengatur waktu dengan baik mungkin. Mengatur waktu itu perlu keterampilan dan tanggung jawab yang cukup besar untuk bisa mewujudkannya.

Keterampilan mengatur waktu lebih utama untuk dipelajari dari pada keterampilan atau keahlian yang bersifat sektoral seperti keterampilan di bidang komputer, arsitektur, kedokteran, ekonomi, dan sebagainya. Sebab, jika keterampilan sektoral hanya mengelola satu aspek dari kehidupan manusia yang kompleks, keterampilan manajemen waktu justru mengelola seluruh aspek kehidupan manusia.

Sayangnya, keterampilan mengatur waktu sering di anggap sepele. apalagi keterampilan waktu yang mengatur seluruh aspek kehidupan. Barangkali ada bahwa keterampilan mengatur waktu akan bisa dikuasoi dengan sendirinya melalui pengalaman hidup sehingga tidak perlu dipelajari. Atau  anggapan bahwa mengatur waktu dapat berarti mengubah kebiasaan yang sudah bertahun-tahun dilakukan, șehingga sulit untuk dilaksanakan. Atau mungkin juga ada anggapan bahwa hidup setiap menusia sudah merupakan takdir yang tak dapat diubah, sehingga tak pertu susah payah mengaturnya.

Semua anggapan tersebut tentu saja keliru, karena seperti keterampilan lain yang dapat dipeiajari, keterampilan manajemen waktu juga dapat dipelajari dan dilakukan. Jadi masalahnya terletak pada kemauan. Maukah kalian untuk menata hidup lebih baik lagi? Maukah kalian mencapai cita-cita yang kalian inginkan? Maukah kalian hidup secara seimbang dan selaras, sehingga memperoleh ketenangan dan kepuasan batin? Maukah kalian bangkit kembali setelah gagal? Jawaban dari pertanyaan tersebut di awal, menunjukkan bahwa tanpa ada manajemen waktu yang rapi, maka sesungguhnya kalian sedang merayakan kegagalan masa depan kalian.